Friday, November 13, 2009

Nokia vs Samsung dalam pasar smartphone


Dua pembuat ponsel terbesar di dunia, Nokia dan Samsung meluncurkan upaya terbarunya untuk menjaga kekuatan dalam bersaing di pasar smartphone dengan iPhone dan BlackBerry.

Nokia menyatakan telah memulai mengirimkan ponsel paling top N900. Sementara Samsung mengumumkan akan meluncurkan platform ponsel terbuka sendiri pada bulan Desember untuk menebus pasar smartphone yang terlambat memulainya.

Nokia dan Samsung bersama-sama menjual sekitar 60 persen dari semua ponsel secara global, tetapi kalah melawan saingannya Apple dan RIM di segmen smartphone.

Ponsel Nokia N900 merupakan pertama yang menjalankan sistem operasi Linux Maemo. Analis melihat handset itu sebagai kunci Nokia untuk mendapatkan pasar dalam tahun-tahun mendatang.


"Platform Maemo yang mempersenjatai N900, mencerminkan kebutuhan Nokia untuk menggantikan perangkat lunaknya dengan sesuatu yang lebih kuat untuk bersaing dengan Apple dan lain-lain," kata Ben Wood, kepala riset di konsultan Inggris CCS Insight.

"Pengumuman Samsung Bada juga mengidentifikasi kebutuhan yang sama. Pertanyaannya adalah, apakah dunia ponsel perlu sistem operasi lain?" kata Wood.

Sementara Nokia meskipun makin pudar, tapi masih sebagai pembuat smartphone terbesar di dunia menurut volume. Sedangkan volume Samsung jauh di belakang Apple, RIM dan HTC.

Produk-produk high-end penting untuk Nokia karena perusahaan tidak hanya kehilangan pangsa pasar, namun harga jual rata-rata produknya turun lebih cepat daripada rata-rata industri.

No comments:

Post a Comment