Saturday, November 7, 2009

Dapat Uang dari Aplikasi Bagi-bagi di Facebook

Sebuah terobosan baru dalam aplikasi Facebook yang belum ada selama ini. Dengan bermodalkan ide kreatif tercipta sebuah aplikasi dimana sang pengguna (user) dapat menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan dan mendapatkan imbalan uang. Aplikasi ini bernama "Bagi-Bagi on Facebook" yang baru di launching pada hari sabtu 25 juli 2009. Tentu saja hal ini menarik banyak perhatian, para blogger dan pengguna Facebook berlomba-lomba untuk mendaftar, apalagi sistem aplikasi ini juga menggunakan sebuah sistem referal, dimana kita dapat mengajak teman-teman kita untuk ikut dalam aplikasi ini dan dengan begitu kita bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari downline (teman yang kita ajak).

Berapa yang bisa didapat?
Anda menjawab Rp 150,-
Dari downline level 1 Rp 60,-
Dari downline level 2 Rp 50,-
Dari downline level 3 Rp 40,-
(Untuk setiap 1 pertanyaan yang dijawab)


Untuk lebih lengkapnya mari kita lihat penjelasan lebih lanjut tentang aplikasi ini yang berupa pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh pengguna (FAQ)


FAQ bagi-bagi on Facebook






Q : Apa itu aplikasi Bagi-Bagi ?
A : Adalah jaringan media periklanan yang mempertemukan antar pemasang iklan (advertiser) dan pembacanya. Simpelnya adalah, Anda di bayar untuk membaca iklan atau menjawab iklan yang di tayangkan.
Bila Anda memasang iklan di sini, maka iklan Anda akan di baca dengan antusias oleh pengguna aplikasi ini yang sampai saat ini berjumlah 2,585 orang.


Q : Siapa target pengguna aplikasi ini?
A : Para pemasang iklan online (Advertiser) dan para pengguna facebook (FBers) yang menginginkan penghasilan tambahan.


Q : Dapatkah saya bertindak sebagai pemasang iklan (advertiser) dan juga sebagai pembaca iklan?
A : Tentu saja, Anda dapat berperan sebagai keduanya.


Q : Apa keuntungan pemasang iklan (Advertiser) di sini di bandingkan di tempat lain?
A: Di sini iklan Anda tidak hanya sekedar di klik saja oleh pembacanya namun akan di jawab dan di baca dengan antusias oleh pengguna aplikasi ini.


Q : Mengapa mereka begitu antusias membaca iklan saya?
A: Karena di sini para pembaca (FBers) mendapatkan komisi setiap iklan yang mereka baca atau jawab.


Q : Saya melihat istilah 'Click Ads' dan 'Qads', apa maksudnya?
A: Click Ads adalah tipe iklan click, artinya pembaca meng-klik link iklan yang di tayangkan. Pembaca medapatkan komisi.
Qads adalah tipe iklan yang mengandung pertanyaan / quiz. Pembaca di haruskan menjawab pertanyaan terlebih dahulu, bila benar pembaca akan mendapatkan komisi.


Q: Dapatkah saya mendapatkan komisi lebih banyak dengan meng-klik atau menjawab iklan yang sama berkali-kali?
A: Tidak Dapat! komisi / point yang sah hanya di hitung satu kali saja! klik selanjutnya tidak akan di perhitungkan.


Q: Apa yang dapat saya lakukan untuk mendapat lebih banyak komisi?
A: Anda boleh mengundang teman-teman, mereka akan berada di dalam jaringan Anda . Kedalaman level jaringan hanya berlaku sampai dengan 3 tingkat di bawah. Misalkan Anda mempunyai jaringan level 1 sebanyak 10 orang, jaringan level 2 sebanyak 100 orang dan level 3 sebanyak 1000 orang, maka total jaringan di bawah Anda sebanyak 1110 orang.


Q: Bagaimana caranya saya mengundang teman-teman agar mereka bergabung di bawah saya?
Gunakan tombol share atau link di bawah ini untuk mengundang teman-teman Anda


Share


http://apps.facebook.com/bagi-bagi/index.php?fuid=100000130729221 (anda punya no berbeda)


Q : ini MLM atau money game yah? ogah ah!
A : Anda tidak perlu keluar uang untuk menggunakan aplikasi ini, kecuali bila Anda ingin memasang iklan (Advertiser). Yang Anda lakukan adalah, gunakan aplikasi, duduk, perhatikan iklan-iklan yang ada, klik iklan atau jawab pertanyaan iklan yang ada. Komisi berupa point akan langsung ter-kredit ke account Anda.


Q : Point dari mana? bisa saya uangkan?
A: Ya, point bisa anda uangkan. Nilai 1 point seharga Rp 1.000,- bila point Anda mencapai syarat minimum transfer bank (di BCA sebesar Rp 10.000,-) atau 10 point, maka uang sebesar Rp 10.000,- akan di transfer melalui BANK. Jangan lupa, segera update nama bank dan nomer rekening bank Anda. Point datang dari Advertiser. Ketika Anda menjawab atau klik iklan milik Advertiser maka point akan di distribusikan kepada Anda dan upline-upline Anda.


Q : Bisa tolong jelaskan lebih detail
A : Misalkan Advertiser memasang iklan sebesar (20 point) atau Rp 20.000,- kepada Admin. Jumlah point tersebut untuk sebanyak (Rp 20.000 / Rp 500 ) = 40 orang yang iklannya (termasuk Anda). Jadi 1 kali klik Uniq Facebooker senilai Rp 500,- yang akan dibagikan sebagai berikut:


untuk Anda Rp 150,-
untuk upline level 1 Rp 60,-
untuk upline level 2 Rp 50,-
untuk upline level 3 Rp 40,-


Jadi bila Anda klik 10 iklan maka Anda akan mendapat (Rp 150,- x 10 iklan) = Rp 1500,-


Q: Dengan sistem jaringan, apakah tidak akan menguntungkan bagi yang join lebih dahulu?
A : Belum tentu yang bergabung duluan akan lebih sukses di banding join belakangan. Di sini di terapkan beberapa aturan misalnya:
# Kedalaman level hanya 3 tingkat di bawah Anda. Sangat mungkin terjadi misalnya total downline yang Anda miliki 100 orang, namun ada downline level 3 anda yang aktif dan mempunyai total dowline 1000 orang, ini mungkin saja terjadi
# Bila pengguna dalam rentang waktu tertentu tidak aktif menggunakan aplikasi ini maka para downlinenya akan di by pass ke upline level 1 di atasnya. Namun namanya tidak akan di hapus dan point-point yang telah di kumpulkan masih tetap ada.


Q: Berapa jumlah point yang saya miliki sampai detik ini?
A: Point milik Anda sampai detik ini adalah. 4,97 atau sama dengan Rp 4.970,00


Q: Sebentar...... saya kok masih ragu-ragu nih... ini tipu-tipuan? benar di bayar nggak sih?
A: Kemungkinan terburuknya adalah bila tidak ada Advertiser yang pasang iklan di sini. Berarti tidak ada iklan yang akan di tayangkan dan Anda sebagai pengguna tidak mendapatkan point. Anda akan mendapatkan catatan detail point yang telah Anda terima, bila point anda telah mencapai syarat minimum transfer bank sekitar Rp 10.000,- (10 point) maka akan segera di transfer, dan point Anda akan berkurang sejumlah nilai transfer.


Q : Hm... saya masih kurang sreg dengan 'jaringan', kesan-nya kok gimana yah?
A: Seperti MLM, skema ponzi, piramid, money game, arisan uang, bisnis 5 ember yah? Wajar bila Anda bersikap curiga. Di sini Anda tidak perlu keluar uang. No Risk! Makin banyak pengguna aplikasi ini, mudah-mudahan menarik (ADVERTISER) untuk memasang iklan di sini. Makin banyak dana yang di keluarkan advertiser untuk memasang iklan, makin banyak juga potensi komisi yang dapat Anda raih, itulah makanya aplikasi ini di beri nama "Bagi-Bagi", berbagi keuntungan :-)


Q: Apa itu iklan yang expired?
A: Ini adalah iklan yang sudah habis masa tayang / publikasi. Pemasang iklan (Advertiser) membayar sejumlah uang kepada pengelola, misalkan Rp 100.000,- Ini untuk 200 orang. Jadi 1 orang yang klik bernilai Rp 100 ribu / 200 orang = Rp 500. Uang 500 ini di distribusikan kepada:
Pengelola (Rp 200,-)
Anda (Rp 150,-)
Upline Level 1 (Rp 60,-)
Upline Level 2 (Rp 50,-)
Upline Level 3 (Rp 40,-)


Iklan ini akan mencapai expire bila sudah ada 200 orang yang menjawab atau meng-klik iklan ini. Automatis, iklan ini akan masuk ke dalam status "Expired".


Q: Apakah iklan yang expired bisa di perpanjang oleh Advertiser?
A: Ya, tentu saja. Bila Anda sebagai pemasang iklan (advertiser), Anda dapat memperpanjang iklan yang anda miliki. Bagusnya lagi... orang2 yang telah pernah menjawab / klik iklan Anda tidak akan di perhitungkan pointnya alias point mereka tidak akan bertambah. Contohnya, Anda membeli iklan untuk 200 orang seharga Rp 100.000,- Bila iklan ini telah mencapai expired, kemudian Anda hendak memperpanjang untuk 200 orang lagi, untuk iklan yang sama, maka Anda hanyalah transfer uang kembali kepada admin sebesar 100 ribu untuk 200 orang lagi dan ini tidak termasuk 200 orang kemarin yang sama yang telah membaca / menjawab iklan Anda.


Q: Apakah efektif memasang iklan di sini?
A: Tentu saja, dengan jumlah pengguna aplikasi sampai saat ini sebesar 20,000 orang lebih, mereka akan selalu menunggu-nunggu iklan dari Anda. Saran saya, untuk mempromosikan website/ produk/ jasa Anda, gunakan pertanyaan yang agak sulit, sehingga pembaca memang akan serius mempelajari website/ produk/ jasa dari Anda. Bila perlu, bila Anda mengiklankan website, berikanlah jawaban bila pembaca telah register dahulu di website Anda itu. DAN, jawaban dan pertanyaan bisa sesuka hati Anda sebagai advertiser merubahnya, ini mencegah... ada yang membocorkan jawaban kepada downline-downlinenya :-)

Untuk cara ikut dan menjalankan aplikasi ini, silakan lihat penjelasannya dibawah:

1. Ikuti aplikasinya dengan klik disini
2. Silakan anda jawab pertanyaan yang diberikan
Bagi-bagi on Facebook

*perhatikan bagian hint (petunjuk), pilih jawaban yang benar dan submit

3. Jika benar akan muncul (dengan nama anda)
Bagi-bagi on Facebook
silakan klik bacaan "klik di sini untuk melihat Qads yang lain!"

jangan lupa mengundang teman lainnya dengan menyebarkan link anda yang ada pada bagian kiri bawah atau klik share
Bagi-bagi on Facebook


Karena dengan mengajak banyak teman semakin banyak pula kesempatan anda mendapatkan tambahan penghasilan.


Asyik bukan dari Facebookpun kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Tunggu apalagi, silakan coba aplikasinya disini
Oya, sebaiknya buruan sebelum banyak teman-teman yang ikut, karena semakin sedikit teman yang ikut semakin banyak kesempatan kita untuk mendapatkan downline yang berarti berupa tambahan penghasilan :genit:

Wawancara Dengan Pemilik Aplikasi Bagi-Bagi (Gunawan TW)

Aplikasi Bagi-Bagi telah memiliki lebih dari lima puluh ribu (50.000) anggota dalam waktu yang cukup singkat. Ini bukti dari inovasi kreatif dari sang pemilik sekaligus pembuat Gunawan TW. Beberapa waktu lalu saya melakukan wawancara dengan pemilik aplikasi bagi-bagi ini, mudah-mudahan dengan wawancara ini kita bisa tau lebih dalam tentang aplikasi bagi-bagi sekaligus pemiliknya. Berikut hasil wawancara tersebut:

1. Tolong jelaskan aplikasi apa yang anda buat?

ini aplikasi di mana pengguna aplikasi di bayar untuk menjawab quiz yang tersedia. Quiz datang dari pemasang iklan yang bertujuan menarik pengunjung sebanyak-banyaknya ke websitennya. Ide ini d iilhami dari bisnis PTC. Saya melihat beberapa kekurangan dari bisnis PTC dan mencoba menawarkan hal yang baru. Di sini pemasang iklan, memberikan quiz agar pengunjung tidak hanya meng-klik kemudian diliupakan, namun pengunjung mencari jawaban quiz yang tersedia ke URL yang di sediakan sebagai petunjuk.

Dengan ini, tujuan pemasang iklan mudah2an tercapai, trafik dari pengunjung akan ia dapatkan, juga dapat sekaligus meng-edukasi calon pelanggan melalui quiz yang ia buat.

Siapa yang membayar? tentu saja pemasang quiz. jadi ini bukan scam loh.. dan pengguna sama sekali tidak perlu setor uang ke saya, kecuali bila dia ingin memasarkan produknya.

2. Kapan ide membuat aplikasi bagi-bagi terpikir?

Ide ini memang sudah lama saya pikirkan, namun di impelementasikan ketika menjelang akhir Juli 2009 sampai dengan sekarang. Ide akan terus di sempurnakan. Bila Anda telah join dari awal sampai dengan skerang ini, mungkin melihat beberapa fitur, hal yang telah banyak berobah, seiring dengan masukan, komentar dan saran dari anggota.

3. Apa atau siapa yang menginspirasi anda untuk membuat aplikasi bagi-bagi ?

Saya sudah lama memang ingin mempunyai bisnis onlinse seperti hal-nya dengan saudara kembar saya, Kukuh TW yang menurut saya sudah cukup berhasil menjalankan beberapa bisnisnya seprti kumpulbolgger.com, kronologger.com, petaproperti.com dan masih banyak sekali web site yang dia buat, saya sendiri tidak hapal ;-)

Setiap kali bertemu dengan dia, saya selalu di tantang untuk membuat sesuatu, menurut dia masih bayak sekali potensi2 yang belum di kembangkan khususnya di Indonesia.
Berangkat dari situ, saya coba terus mematangkan ide ini sejak awal sampai sekarang.

4. Perubahan apa yang paling terasa dihidup anda setelah membuat aplikasi bagi-bagi ?

Ada yang menawarkan kerja sama untuk membuat aplikasi berbasiskan facebook, tawaran yang sangat bagus, tapi untuk sementara ini saya belum siap dalam sisi menyediakan waktu untuk ini, mengingat saya masih kerja kantoran,Untuk menangangani aplikasi bagi-bagi ini saja, akhir-akhir ini saya sering tidur menjelang pagi, tapi nggak masalah, saya lakukan dengan senang hati :-)

5. Rata-rata apa tanggapan pengguna tentang aplikasi bagi-bagi ?

BIla melihat review dari aplikasi bagi-bagi, kita akan melihat skor sekitar 4 dari 5. Ini artinya lumayan bagus, belum lagi yang menulis di wall atau mengiriim email. Kebanyakn mereka salut atas ide ini dan kreativitas saya dalam meng-implemntasikannya ke platform facebook. Tentu saja, selain banyak yang memuji, juga banyak yang memberikan komentar pedas.

6. Tanggapan/komentar pedas apa yang paling anda ingat sampai saat ini ?

Kebanyakan tidak percaya, dan menuduh saya penipu. Mereka menyamakan bisnis ini dengan bisnis investasi, arisan, money game, sedot uang, dan lain lain yang seringkali ktia temui. Dari situ saya amati, kebanyakan yang berkomentar seperti itu adalah orang2 yang tidak mau repot2 mempelajari dengan seksama, tidak mau tahu cara kerja bisnis ini dan mereka terlalu cepat ambil kesimpulan.

Bila Anda sudah familiar dengan bisnis - bisins online seperti, adsense, adword, PTC, PPC, dan lain sebagainya saya rasa akan cepat mengerti dan paham mekanisme dari aplikasi bagi-bagi ini, terbukti dengan beberapa veteran online bisnis yang cepat tanggap danjoin ke aplikasi ini pada saat - saat awal aplikasi ini di luncurkan.

7.Bagaimana cara menanggapi tanggapan/komentar pedas tersebut?

Ini hal yang biasa, wajar kita temui dalam bisnis sehari-hari. ada baiknya juga, berarti ada yang perhatian ;-)

8. Kalau boleh tau, berapa penghasilan dari aplikasi bagi-bagi ? big grin

Belum terlalu besar lah :-)
Dari segi finansial belum terasa signifikan, karena kebanyakan quiz saya sendiri yang buat, artinya saya keluar duit sendiri, belum banyak yang pasang quiz....
Untuk menutup biaya operasional, saya sisipkan iklan dari kumpulblogger, adbrite, clickbank dan lain-lain. Cukup membantulah :-)

9. Kalau boleh tau (lagi? hehe), berapa biaya yang diperlukan untuk mengelola aplikasi bagi-bagi ? big grin

Biaya yang di keluarkan adalah biaya untuk hosting, biaya pembuatannya nol karena script saya buat sendiri jadi tidak perlu keluar biaya untuk menggaji programmer dan sistem analis.

10. Apa harapan kedepan untuk aplikasi bagi-bagi ?

Saya harapkan, model bisnis ini akan menjadi alternatif dalam mencari tambahan penghasilan di samping bisnis online lainnya seperti adsense, PTC, PPC dan lain sebagainya. Untuk "bagi-bagi" tentu saja, kami harapkan akan berkembang menjadi besar.

11. Ada pesan-pesan untuk pengguna aplikasi bagi-bagi ?

Saya amat sarankan kepada pengguna, dalam mengundang teman-teman untuk bergabung, gunakanlah cara-cara yang sopan, jangan kirim email blast. postng di group/milis yang tidak relevan, posting di profile orang lain dan lain sebagainya yang menjurus ke tindakan spam. Bila anda mempunyai blog, lebih baik tulis di sana seperti beberapa teman-teman lakukan, dan terbukti cara ini lebih efektif.

Saya juga ucapkan terima kasih atas dukungannya selama ini dan tetaplah sering2 berkunjung dan memberikan saran dan komentar :-)


source: tips-fb 

Fakta - fakta Menarik mengenai serangan Jepang terhadap Pearl Harbor

Berikut Merupakan Fakta - Fakta unik yang mungkin Menarik untuk diketahui :


*Serangan terhadap Pearl Habor dilakukan pada 7 Desember 1941

*Walaupun serangan cukup sukses dalam menghancurkan kapal2 induk AS, namun Jepang tidak menyerang dan menghabiskan kapal – kapal selam Amerika karena mereka mengganggap itu tidak penting, sayangnya keputusan itu ternyata salah sekali dimana kapal – kapal selam Amerika lah yang sangat berjasa dalam memutus import ekspor subsidi ke Jepang ( kapal – kapal selam AS menembaki kapal2 yang menuju Jepang ).

*Kesuksesan Serangan terhadap Pearl Harbor mengejutkan bukan hanya dari pihak Amerika namun juga mengejutkan pihak Jepang.

*Sebenarnya radar di Pearl Harbor sudah mengetahui bahwa ada sekawanan formasi udara yang sangat besar yang sedang mendekati Pearl Harbor, namun petugas lapangan yang melapor kepada atasan mensalahartikan formasi itu sebagai pesawat B-17 Amerika yang dijadwalkan untuk memang datang ke Pearl Harbor.

*Jepang menyerang dengan total 6 Carrier dan 423 pesawat.

*Salah satu admiral Amerika berkata, “ Dengan mengeyampingkan kelicikan Jepang karena menyerang secara tiba – tiba, Jepang telah melakukan pekerjaan yang sangat hebat dan sukses.”

*Perlu diketahui bahwa sebelum serangan dilakukan , Jepang menipu Amerika dengan berkata bahwa mereka tertarik dengan perdamaian.

*Serangan hari itu dilakukan pada hari Minggu pagi, karena hari Minggu pagi itu jugalah yang mnyebabkan banyak prajurit Amerika masih sedang terlelap di tidurnya dan tidak siaga.

*Pada hari Minggu itu, parahnya lagi, Admiral US Husband Kimmel, dan Jendral Walter Short sedang diliburtugaskan.

*Sehari setelah serangan dilakukan, yakni pada 8 Desember 1941, Voting dilakukan oleh kongres Amerika dengan hasil semua anggota kongres menyatakan setuju untuk perang dengan Jepang, dan hanya ada satu suara yang tidak setuju untuk melakukan perang terhadap Jepang, orang tersebut adalah Jeannette Rankin of Montana, orang yang sama juga voting agar Amerika tidak ikut campur tangan dalam Perang Dunia I.

*Sebenarnya US sudah merasa bahwa Jepang ada kemungkinan akan menyerang US setelah sekian lama bersitegang masalah embargo minyak dll. Namun, Amerika tidak menyangka bahwa Pearl Harbor akan dijadikan sasaran, Amerika merasa bahwa Jepang pasti akan mengincar Filipina terlebih dahulu.

*Serangan dilakukan dalam 2 gelombang. Gelombang pertama targetnya adalah Battleship ( kapal induk ), dan pesawat. Gelombang kedua targetnya adalah kapal lainnya dan fasilitas dermaga lainnya.

*Jepang sebenarnya ingin melakukan serangan gelombang ke 3. Namun Jepang tidak jadi melakukannya karena mereka menimbangkan beberapa factor. Faktor – factor tersebut adalah :
  • Sudah tidak ada surprise karena AS sudah tahu bahwa mereka sedang diserang
  • Kemampuan Anti Airgun AS meningkat jauh sewaktu gelombang kedua ketimbang serangan ketika gelombang pertama. Ketika gelombang pertama kapal jepang yang jatuh hanya 6 buah, namun ketika gelombang kedua pesawat Jepang jatuh hingga 23 buah. Meningkat lebih dari 100 persen.
  • Proses bolak – balik untuk gelombang ke 3 membuat kemungkinan Amerika bisa menyerang kapal induk Jepang karena pesawat – pesawat Amerika yang di darat masih ada.

*Serangan berhenti pada pukul 9.45 pagi waktu setempat.

*Jepang mengira serangan terhadap Pearl Harbor akan membuat AS jatuh dan tidak bisa berbicara banyak di PD2, namun ternyata serangan tersebut malah membuat warga Amerika bahu membahu untuk membalas Jepang dan berujung pada kehancuran Jepang.

*Pearl Harbor dan kekuatan AL Amerika berfungsi kembali secara maksimal hanya dalam tempo 60 hari, tidak sesuai dengan perkiraan Jepang dimana perkiraannya AL Amerika akan lumpuh hingga 6 sampai 8 bulan.

*Ketika serangan dilakukan Pearl Harbor benar – benar sangat tidak siap. Pesawat dibiarkan terbuka di tanpa perlindungan dan berdekat – dekatan sehingga sulit untuk diterbangkan. Senjata Anti Aircraft di kapal pun semuanya dibiarkan tidak siap dan tanpa amunisi. Ditambah serangan dilakukan Minggu pagi dimana banyak prajurit yang masih tidur, serangan menjadi sangat – sangat sukses.

Unik, Air Terjun Berdarah

Inilah salah satu fenomena alam yang langka terjadi, bagaimana tidak dari sebuah sumber air yang mengalir pada sebuah air terjun bisa terdapat aliran darah yang mengalir terus menerus namun agak lambat. Hal ini terjadi di sebuah Gletser di Antartika tepatnya di lembahMc Murdo wilayah kutub selatan. Pertama kali seorang geolog menemukan air terjun beku tahun 1911 dan mereka menemui hal aneh yang mereka kira adalah warna merah yang mengalir merupakan warna yang berasal dari ganggang merah, namun sifta sejatinya ternyata lebih dari yang mereka duga.


Fenomena Alam yang sangat aneh dan langka, sebuah air terjun mengeluarkan semacam darah terus menerus

Kira-kira 2 juta tahun yang lalu Gletser Taylor terkurung dibawah aliran air yang mengandung kumpulan mikroba kuno, dan mereka terisolasi disana dibawah lapisan es yang sangat tebal secara alami, berkembang secara independen mikroba ini hidup tanpa cahaya, panas dan oksigen, dan disana mereka terperangkap pada suatu kondisi salinitas yang sangat tinggi dan kaya akan zat besi sehingga memberikan warna yang merah sama dengan zat besi dalam darah.

Para Ilmuwan memperkirakan cairan seperti darah ini berasal dari mikroba kuno yang terperangkap di dalam celah es. Dan Air terjun ini terjadi karena adanya sebuah celah dari gletser tersebut yang memungkinkan air subglacial tersebut keluar, membentuk air terjun tanpa mencemari ekosistem didalamnya. Para ilmuwanpun akhirnya menduga dari kesimpulan tersebut bisa sangat mungkin terjadi juga di planet planet lain seperti Mars dan Yupiter, Air terjun berdarah ini benar benar suatu fenomena alam yang ajaib baik secara visual maupun ilmiah.
(Dari Livejournal/Terjemah Ruanghati)

source: ruanghati.com

Menghubungkan Facebook dengan Blog/Website - Simplaris Blogcast

Ingin artikel blog/website ada di halaman facebook ? Apalagi jika Anda pemilik blog atau web tersebut , dan ingin mempublish artikel agar lebih banyak diketahui teman atau kenalan di Facebook. Caranya mudah dengan menggunakan aplikasi yang bernama "Simplaris Blogcast" di Facebook feed atau artikel terbaru yang ada akan muncul juga pada halaman Facebook sekaligus menjadi nilai tambah untuk mempromosikan blog/website kita

1.Search dengan keyword > simplaris blogcast



2.Dihalaman tentang Simplaris klik tombol > ke aplikasi



3.Silakan masukan alamat feed blog/website


Misalnya untuk blogger:
http://ptcbayar.blogspot.com/feeds/posts/default
(ganti ptcbayar dengan alamat blog Anda)

Sedangkan untuk yang memakai feedburner
http://feeds.feedburner.com/ptcbayar
(ganti ptcbayar dengan alamat yang didaftarkan pada feedburner)

4.Setelah menekan tombol "Lets Blogcast!" akan muncul tampilan tanpa ada isi feed atau artikel, silakan klik link "update"



5.Dan akan muncul seperti ini



Sedangkan untuk konfigurasi lainnya bisa kita lihat di bagian setting



Silakan pilih sesuai keinginan Anda

Untuk menambahkan Simplaris ke halaman Facebook silakan klik kedua tombol "tambahkan ke info" dan "tambahkan ke profil" (pada halaman setting)



Dan terakhir adalah tampilan dari halaman facebook kita yang sudah diisi dengan artikel terbaru dari blog/website lewat aplikasi "Simplaris Blogcast"



Selamat mencoba :)

source: tips-fb

Mengatasi Banyaknya Email Dari Facebook

Membuka facebook adalah kegiatan sehari-hari saya sambil melihat update terbaru teman serta notification (pemberitahuan) terbaru dari facebook. Tidak lupa membuka email mengecek mungkin ada email baru yang penting, tapi coba tebak apa yang saya dapat?

Email-email notification dari facebook yang menurut saya tidak penting, toh saya buka facebook terus dan tidak merasa perlu facebook mengirim notification ke email saya. Terganggu dengan email facebook yang banyak tersebut , saya putuskan untuk menyaring email notification apa saja yang penting untuk dikirim ke email atau sama sekali tidak perlu mendapatkan email dari facebook.

Berikut cara memfilter email notification yang masuk ke email kita

-Pilih Settings > Account settings > Notifications ( Pengaturan > Pengaturan Akun > Pemberitahuan )

-Silakan pilih notification apa yang penting untuk diirim ke emai, atau matikan semua agar tidak mendapat email dari facebookemail facebook


save changes (simpan) dan selesai, email facebook yang tidak penting itu tidak akan menggangu inbox Anda.

Untuk Anda yang sering mendapat undangan email lewat facebook dan merasa kesal, silakan saja atasi masalah tersebut dengan bergabuing di facebook dan rasakan kenyamanan dan fasilitas yang membuat Anda segan untuk meniggalkan layar komputer atau handphone Anda. (Kok promosi...hehehe)

Friendster vs Facebook


Website pertemanan sekarang semakin merajalela. Yang di maksud situs pertemanan di sini adalah situs yang memberikan kesempatan kepada kita untuk berinteraksi, bersosialisasi, dan mencari teman sebanyak-banyaknya di dunia maya. Sepengetahuan saya ada dua besar situs pertemanan yang sedang menjadi trend di era globalisasi ini, situs itu adalah “Facebook” dan “Friendster”. Di dalam artikel ini kita  akan lebih mendalami persaingan antara facebook dengan friendster di dalam trend situs pertemanan.baca lagi..
Memang, awalnya friendster lebih dulu muncul dengan jutaan membernya di seluruh dunia. Saya sendiri mulai membuat account friendster pada tahun 2006, dengan pengetahuan yang pas-pasan. Namun, setelah beberapa lama, saya mulai terbiasa dengan situs ini. Sampai akhirnya teman saya mencapai ratusan,serta dapat mengganti layout friendster dan menambahkan media lagu di dalam profil saya. Saya sendiri cukup puas pada situs ini, dimana saya dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman-teman saya di dunia maya.
Setelah beberapa lama friendster merajai situs pertemanan, munculah nama facebook. Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Namun setelah 4 bulan berjalan, facebook telah memiliki  30 kampus di dalam situs itu. Dan akhirnya bersama teman-teman nya Zuckerberg mengembangkan facebook menjadi salah satu situs yang memiliki rating yang tinggi di dunia maya. Di situs ini pun menyajikan fasilitas yang  jauh lebih banyak daripada friendster sebagai pendahulunya. Salah satu yang paling mencolok dari situs Facebook adalah kemampuan seseorang untuk mengirimkan gift atau hadiah virtual kepada teman ataupun pacarnya yang berada dalam jaringan pertemanannya.
Berikut adalah karakteristik dari masing-masing situs
Pendaftaran
Untuk bagian registrasi, kedua situs ini sama-sama memberikan kemudahan bagi pengguna situs ini, dimana pada halaman awal situs masing-masing telah menyajikan formulir pendaftaran untuk menjadi member.
Tampilan
Untuk tampilan friendster memang lebih unik dan lebih colorful, karena facebook kita tidak dapat mengedit tampilan profil kita. Informasi yang di berikan di profil Friendster juga lebih singkat dan lebih mengandalkan link. Sedangkan pada facebook menampilkan lebih banyak teks daripada foto. Jadi lebih terlihat kalau facebook lebih mengutamakan kesederhanaan dan keefektifitasan.
Privasi
Privasi pada sebuah situs sosial adalah hal yang sangat penting. Setiap orang berhak mendapatkan privasinya. Kebanyakan orang tidak memberikan nama aslinya pada profilnya. Pada friendster, sistem privasi memang sudah berjalan, namun masih dapat dilihatnya alamat, nama, kota, dll. Sedangkan facebook, dengan fitur tawaran Privacy setting, memungkinkan user untuk mengeset siapa yang diperbolehkan mengakses informasi pada profile, dan siapa yang tidak. Mungkin hal ini yang menyebabkan banyak public figure yang nyaman memiliki account facebook dengan namanya sendiri.
Komentar
Untuk komentar, bagi yang sudah terbiasa dengan friendster, kita sudah mengenal yang namanya testimionals, yaitu komentar yang akan di tampilkan pada profil kita. Di friendster kita harus menyeleksi terlebih dahulu komentar mana yang dapat di tampilkan di profil kita. Lain dengan facebook, di situs ini sudah menyediakan live feed dan new feed yang menyebabkan kita dapat melihat semua aktivitas semua member yang sudah menjadi teman kita. Di situs ini, kita juga dapat menanggapi komentar dengan rapi tanpa menganggu komentar lainnya.
Memang, sejauh ini facebook lebih memiliki banyak keunggulan dan memiliki lebih banyak member. Bahkan dengan banyaknya fitur di facebook, kita jadi kurang memaksimalkan fitur-fitur tersebut. Sedangkan di friendster kita lebih mudah mempelajarinya. Tapi ini semua hanya pendapat saya yang telah saya susun sesuai dengan fakta yang ada.

Mengelompokan Teman Facebook Dalam Kategori


Punya teman di facebook dengan jumlah yang cukup banyak ? sebagian tidak dikenal atau mungkin baru kenal di dunia maya (internet) lewat blog atau chating. Terus bingung ketika mengingat kira-kira saya kenal dimana orang ini? kalau begitu saya punya solusinya

Tahukah Anda facebook menyediakan aplikasi untuk pengelompokan friend list yang bisa kita gunakan sebagai alat untuk mengelompokan orang tertentu, misal mengelompokan teman yang dikenal lewat blog, sekolah, atau tempat kerja. Pengelompokan seperti ini memudahkan kita mengingat siapa orang ini dan dimana kita mengenalnya. Tidak hanya itu, pengelompokan juga berguna dalam hal lainnya, seperti :

1.Mengirim pesan ke teman kantor
Kita tinggal membuat pengelompokan friend list "teman kantor" kita dan waktu mengirim massage pengisian to hanya cukup memilih friendlist "teman kantor" tanpa harus mencari satu-persatu orang kantor.

2. Mengundang orang-orang tertentu dalam sebuah group
karena pengelompokan tersebut kita lebih mudah mencari orang-orang yang mau kita undang, misal mengundang teman blogger ke group "Komunitas Blogger Indonesia". Saya tinggal pilih friend list blogger yang sudah saya buat

dan masih banyak lagi

Sebelum terlambat dan lupa siapa orang-orang yang ada di friend list anda, saya sarankan lakukanlah pengelompokan ini (pembuatan friend list) dan setiap kali meng-add seseorang jangan lupa pilih kelompok yang Anda berikan kepada orang tersebut.

Cara terbaru mengelompokan teman dalam kategori klik disini

Cara untuk mengelompokan teman facebook:
1. Buka halaman friends (link ada di atas halaman facebook)

2. pilih make new list




3. namakan kategori (misal kenal lewat blog beri nama blogger) dan tekan enter




4. pilih select multiple friends agar lebih mudah dan klik orang yang masuk dalam kategori blogger




5. dan terakhir save list
Contoh friend list yang sudah jadi dengan nama blogger (kenal lewat blog)





Ketika meng-add/meng-approve seseorang jangan lupa pilih kategori pengelompokan yang sudah dibuat
contoh ketika approve orang (pilih add to a Friend List) dan klik orang yang masuk dalam kategori blogger




contoh ketika add orang (pilih add to a Friend List) dan klik orang yang masuk dalam kategori blogger



Kalau sudah begini nggak lupa lagi kan kenal dari mana orang yang ada di friendlist kita

Merubah Tampilan Facebook Anda

Bosan dengan tampilan facebook yang begitu-gitu saja tanpa variasi, tidak seperti friendster atau myspace yang bisa kita kostumisasi sesuai dengan kemauan kita. Kalau begitu coba yang satu ini, dengan cara ini kita dapat mengganti tampilan halaman facebook menjadi lebih bagus dan yang paling penting bisa dikostumisasi sendiri.

Aritkel ini saya buat untuk Anda yang suka dengan kostumisasi tampilan dan sekaligus memenuhi kebutuhan beberapa pengunjung yang menuju keblog ini melalui google dengan keyword tentang :
-cara mengganti layout facebook
-tutorial mengganti layout facebook
-merubah tampilan facebook
-mengubah tampilan facebook

Dan ternyata banyak sekali yang mencari artikrl tentang tampilan facebook. Setelah beberapa penelusuran website, blog dan group-group yang berisi tentang tutorial
mengganti layout facebook, saya menemukan 2 cara berbeda:

1. Merubah tampilan layout facebook dengan cara userstyles.org (untuk penguna mozila firefox)



cara mengubah tampilan facebook

-download add-ons mozzila

-klik "add to firefox", installasi and restart mozilla firefox

-pilih tampilan yang diinginkan disini

-klik tombol "Load into Stylish"

-save dan refresh halaman facebook Anda



2. Merubah tampilan layout facebook dengan cara yontoo.com (untuk penguna mozila firefox dan internet explorer)


cara mengubah tampilan facebook

-kunjungi website Yontoo

-pilih "Start Installation"

-install Add-ons dan restart mozila

-pasang aplikasi PageRage di facebook

-pilih tampilan yang diinginkan

-lihat profile anda

Cara no.1 hanya bekerja pada komputer sendiri yang sudah diinstal add-on stylish
dan
Cara no.2 hanya bekerja pada pada komputer yang sudah diinstal add-on Yontoo dan pemilik facebook memasang aplikasi pagerege. Hal ini memungkinkan orang lain dapat melihat tampilan facebook kita jika mereka melakukan hal yang sama.

Sampai saat ini masih belum ada cara mengubah tampilan facebook untuk dilihat semua orang

Ingat Facebook tidak sama seperti Myspace/Friendster yang secara resmi dapat mengubah tampilannya sesuai dengan keinginan kita. Cara ini hanya akal-akalan dari pencipta add-on yang kreatif.
source : tips-fb

Akses cepat Facebook dengan m.facebook.com



Jarigan internet yang bagus dan cepat belum banyak dirasakan oleh masyarakat indonesia. Cepat atau tidaknya memang masih bisa dibilang relatif, karena ada beberapa tipikal user internet. Ukuran cepat atau tidaknya membuka Facebook mungkin jadi standar bagi beberapa orang, karena Facebook hampir tidak bisa terlepas dari keseharian hidup mereka. Tentunya hal ini sangat menganggu ketika Facebook yang mustinya bisa dibuka kurang dari 5 detik, malah terbuka setelah lebih dari 30 detik karena koneksi internet yang bermasalah.

Biasanya orang yang sudah pernah membaca solusi nyeleneh mengatasi lambatnya akses ke facebook akan melakukan akses Facebook melalui halaman m.facebook.com yaitu halaman Facebook yang biasa dibuka lewat handphone atau perangkat mobile lainnya yang menampilkan tampilan sederhana dari Facebook. Sayangnya karena mengutamakan akses maka tampilan yang ada sedikit terabaikan, kita bisa melihat tampilan facebook di m.facebook .com yang saya rasa kurang enak dilihat, jadi apa ada solusi atau alternatif lainnya?



Ternyata ada, solusi dari m.facebook.com adalah x.facebook.com dan iphone.facebook.com. Dengan mengakses kedua alamat tersebut akan terlihat tampilan yang berbeda dengan m.facebook.com tetapi tetap terlihat minimalis dan yang paling penting lebih terlihat bagus dibandingkan dengan m.facebook.com.

Kedua halaman ini akan terlihat sama, alamat-alamat tersebut sebenarnya ditujukan untuk penguna hanphone dengan tipe tertentu. Untuk iphone.facebook.com sudah jelas untuk mengakses facebook lewat iphone dan x.facebook.com untuk mengakses facebook lewat handphone nokia seri x.

Untuk mengetahui tampilan dari x.facebook.com dan iphone.facebook.com bisa kita lihat contohnya dibawah

tampilan m.facebook.com


















tampilan x.facebook.com & iphone.facebook.com

















Oya sedikit tambahan pertama kali saya agak bingung dimana mengupdate status, dan tertanya cukup dengan menekan tulisan status pada sebelah kiri atas. Tapi sayangnya saya belum menemukan cara membalas status teman.

Cara daftar Facebook


Hari gini belum punya facebook ? itu pertanyaan sekaligus ejekan beberapa teman saya sebelum saya daftar Facebook. Pertama kali sayapun jengkel dengan facebook, karena bagi pemula terasa sangat terasa ribet ketika meng-add orang. Untuk seorang pemula, facebook mewajibkan mengetikan huruf atau angka yang ditampilkan setiap kali meng-add orang lain.

Tetapi setelah beberapa lama atau sudah meng-add beberapa orang (mungkin sekitar 30) verifikasi untuk pengetikan tersebut akan hilang dan mulailah bisa merasakan asyiknya facebook dengan game dan aplikasi-aplikasi menarik yang disajikan dari facebook sendiri atau bahkan para penggunanya. Jadi kitapun dapat berpartisipasi dalam membuat sebuah aplikasi dalam facebook, menarik bukan?

Taukah Anda bahwa facebook bisa menampilkan artikel atau rss feed dari blog kita yang juga merupakan sarana publikasi blog kita, jadi apa salahnya kita coba dan mungkin aja menaikan sedikit traffic blog kita :)

Artikel ini saya buat karena beberapa pengunjung blog ini meminta artikel tersebut atau terkadang blog ini dapat kunjungan lewat google dengan keyword cara buat facebook atau cara daftar facebook padahal artikel tersebut tidak ada. Dan untuk menambah indeks di google ga ada salahnya saya buat kan artikel cara membuat facebook , tutorial daftar facebook atau mungkin bisa dibilang tips daftar facebook .

1. Silakan Kunjungi www.facebook.com dan isi beberapa pertanyaan dibawah
cara buat facebook


2. kemudian Anda akan disuruh mengetikan gambar yang ada
cara buat facebook


3. Setelah itu facebook akan mengirimkan link verifikasi ke email yang anda daftarkan di facebook. Silakan buka email Anda dan klik link yang diberikan dari facebook.
cara buat facebook


4. Konfirmasi teman di facebook berdasarkan daftar email yang ada pada email Anda atau silakan di Skip this step
cara buat facebook


5. Jika Anda punya email yang lain silakan masukan, yang memungkinkan Anda menemukan teman difacebook atau silakan skip this step
cara buat facebook


6. Isi dengan smu, universitas dan tempat kerja. Tidak haru semua diisi atau silakan Skip this step
cara buat facebook


7. Facebook merekomendasikan beberapa orang yang mungkin Anda kenal dan bisa di add as friend atau silakan Skip this step
tips cara buat facebook


8. Silakan masukan kota tempat tinggal Anda
cara buat facebook


9. Silakan upload foto Anda

Selesai...........

Kalau ada waktu, saya lanjutkan untuk artikel konfigurasi Facebook setelah pendaftaran dan mungkin Anda yang baru daftar setelah baca artikel ini sudah ahli menggunkan facebook :P

Sekian cara buat facebook :)


source: tips-fb 

Facebook


Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School diluncurankan pertama kali pada 4 februari dan awalnya hanya untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.

Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat email universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.

Selanjutnya Facebook dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Facebook menemui masalah dalam beberapa tahun terakhir seperti pemblokiran pada negara Suriah, Iran dan beberapa tempat kerja agar para pekerja tidak menyalahgunakan waktu kerjanya untuk membuka Facebook. Dan masalah tentang tuduhan bahwa Zuckerber mencuri kode program dari teman-temanya untuk membuat Facebook.

Facebook juga pernah ditawar oleh yahoo senilai $ 1 miliar dan kemudian oleh seorang anggota dewan Facebook, menunjukkan bahwa Facebook internal valuation adalah sekitar $ 8 miliar berdasarkan proyeksi pendapatan sebesar $ 1 miliar pada tahun 2015.

Peringkat Facebook saat saya tulis artikel ini menempati urutan ke 6 situs yang paling banyak di akses di indonesia dan urutan ke 5 untuk seluruh dunia.


Photobucket
*Kantor Facebook

Berikut data mengenai facebook:

Founded : Cambridge, Massachusetts(February 4, 2004)

Headquarters : Palo Alto, CaliforniaDublin, Ireland (international headquarters for Europe, Africa, Middle East)

Key people : Mark Zuckerberg (Founder and CEO), Dustin Moskovitz (Co-founder), Sheryl Sandberg (COO), Matt Cohler (VP of Product Management), ChrisHughes (Co-founder)

Revenue : 300 million USD (2008 est.)

Net income : 47.4 million USD (2007 est.)

Employees : 700 (November 2008)

Website : facebook.com

Type of site : Social network service

Advertising : Banner ads, Referral marketing

Registration : Required

Available in : Bulgarian, Catalan, Chinese (simplified), Chinese (Hong Kong), Chinese (Taiwan), Croatian, Czech, Danish, Dutch, English (American),English (British), English (Pirate), Filipino, Finnish, French, German, Greek, Hungarian, Indonesian, Irish, Italian, Japanese, Korean, Malay, Norwegian, (bokmål), Polish, Portuguese (Brazilian), Portuguese (European), Romanian, Russian, Serbian, Slovene, Spanish (Castilian), Swedish, Thai, Turkish,Vietnamese, Welsh

Launched : February 2004

Friday, November 6, 2009

Budidaya Belut

Tak heran jika akhir-akhir ini banyak media mengekspos tentang besarnya peluang bisnis budidaya belut. Dan bagi yang terbiasa ‘melek’ di depan internet, mungkin juga tak jarang menemukan sebuah forum yang memperbincangkan tentang gurihnya berbisnis di bidang yang satu ini. Sebenarnya seberapa besar peluang budidaya belut?

Mengandalkan belut tangkapan dari alam untuk dipasarkan kembali ternyata sudah bukan sesuatu yang mudah lagi. Pasokan yang didapat dengan cara tersebut lama kelamaan semakin menipis. Berangkat dari kenyataan tersebutlah Ardiyan Taufik, pria dari kota Solo yang telah bergelut dalam bisnis ekspor belut semenjak 4 tahun yang lalu, akhirnya mulai merintis budidaya belut. Ia banyak berhubungan dengan para pengepul di berbagai daerah di Tanah Air untuk kemudian dikumpulkan dan dijual ke luar negeri.

Bisnis budidaya belut sendiri dimulai sekitar 1,5 tahun yang lalu (awal tahun 2006).Berdasarkan pengalaman bisnis budidayanya, menurut Ardiyan budidaya belut terbilang tidak sulit. Pebisnis yang ingin serius menekuni budidaya belut hanya dituntut untuk intens dalam hal perawatan dan pemberian pakan. Sementara dalam pemberian pakan pun, kata Ardian, pakan belut termasuk simpel. Pakan belut itu tidak berhubungan dengan pabrik. “Pakannya bisa keong mas atau bekicot. Jadi tidak tergantung pada pakan hasil pabrik,” ujar Ardiyan. Berdasarkan hitung-hitungan biaya operasional, biaya pakan tersebut menurut Ardiyan hanya menggunakan 15%-20% dari biaya operasional. Jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan komoditas perikanan lain yang biaya pakannya menelan hingga 60% dari biaya operasional.

Hanya saja menurut Ardiyan, banyak peternak pemula yang belum mengetahui seluk beluk membudidayakan komoditas yang satu ini. Biasanya para pemula akan bersemangat hanya sekitar 1 hingga 5 minggu di awal bisnis budidayanya. Selanjutnya mereka mengira bahwa usaha tidak berhasil karena tidak melihat tanda-tanda kehidupan ternak di siang hari. Padahal belut memang tidak aktif seperti produk perikanan lainnya. “Belut ini hewan malam, dan nyaris tidak kelihatan, tidak seperti ikan,” ujar Ardiyan.

Berminat budidaya belut, pada dasarnya modal menurut Ardiyan bukanlah yang utama. Jika calon pebisnis memiliki kolam semen, atau bahkan jika tidak ada bisa menggunakan kolam terpal. Sementara untuk bibitnya calon pebisnis bisa memulai dengan berusaha mendapatkan bibit dari sawah. Bibit belut bisa lebih mudah didapatkan di sekitar pertanian organik. Jika tidak bisa didapat dengan cara gratis, sambung Ardiyan, bibit belut sawah bisa didapat dengan harga sekitar Rp25.000/kg.

Jika dibudidayakan secara intens, bibit belut berukuran sebesar rokok akan membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 6 bulan untuk bisa dipanen untuk kemudian dipasarkan. Pilihannya ada pada pebisnis sendiri. Jika ingin dipasarkan secara lokal, biasanya waktu 3, 4 atau 5 bulan cukup untuk budidaya. Sementara untuk pasar ekspor biasanya akan memakan waktu 6 bulan.

Bicara harga jual juga menarik. Dari hasil panen, Ardiyan bisa mematok harga sekilo belut isi 10 seharga Rp15.000 untuk pasar lokal, bahkan bisa mencapai Rp18.000 di enuser. Sementara untuk pasar ekspor biasanya sekilo isi 10 dengan harga Rp20.000.

Tentang pasar ekspor belut sendiri, Ardiyan juga lebih tahu. “Coba saja lihat Singapura dan Malaysia, mereka darimana mendapatkan belut, kan tidak ada sawah,” ilustrasi Ardiyan. Jadi jika pun ada pihak-pihak yang pesimis dengan tidak adanya pasar ekspor bagi hasil budidaya belut Tanah Air, menurutnya harus dibuktikan sendiri. Hanya saja pebisnis yang benar-benar menekuni budidaya sekaligus pemasaran seperti Ardiyan, tentu saja tak bisa hanya mengandalkan modal dan ketekunan saja. “Siapa saja bisa berjualan, tapi tentu saja untuk menembus tempat yang dituju Kita harus mengembangkan relasi,” tutur Ardiyan. (SH)

Ayo Budidaya Belut

Empat Bulan Panen Belut

Membesarkan belut hingga siap panen dari bibit umur 1-3 bulan butuh waktu 7 bulan. Namun, Ruslan Roy, peternak sekaligus eksportir di Jakarta Selatan, mampu menyingkatnya menjadi 4 bulan. Kunci suksesnya antara lain terletak pada media dan pengaturan pakan.

Belut yang dipanen Ruslan rata-rata berbobot 400 g/ekor. Itu artinya sama dengan bobot belut yang dihasilkan peternak lain. Cuma waktu pemeliharaan yang dilakukan Ruslan lebih singkat 3 bulan dibanding mereka. Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan Ruslan pun jauh lebih rendah. Selain menekan biaya produksi, panen dalam waktu singkat itu mampu mendongkrak ketersediaan pasokan, ujar Ruslan.

Pemilik PT Dapetin di Jakarta Selatan itu hanya mengeluarkan biaya Rp8.000 untuk setiap kolam berisi 200 ekor. Padahal, biasanya para peternak lain paling tidak menggelontorkan Rp14.000 untuk pembesaran jumlah yang sama. Semua itu karena Ruslan menggunakan media campuran untuk pembesarannya.

Media campuran

Menurut Ruslan, belut akan cepat besar jika medianya cocok. Media yang digunakan ayah dari 3 anak itu terdiri dari lumpur kering, kompos, jerami padi, pupuk TSP, dan mikroorganisme stater. Peletakkannya diatur: bagian dasar kolam dilapisi jerami setebal 50 cm. Di atas jerami disiramkan 1 liter mikroorganisma stater. Berikutnya kompos setinggi 5 cm. Media teratas adalah lumpur kering setinggi 25 cm yang sudah dicampur pupuk TSP sebanyak 5 kg.

Karena belut tetap memerlukan air sebagai habitat hidupnya, kolam diberi air sampai ketinggian 15 cm dari media teratas. Jangan lupa tanami eceng gondok sebagai tempat bersembunyi belut. Eceng gondok harus menutupi ¾ besar kolam, ujar peraih gelar Master of Management dari Philipine University itu.

Bibit belut tidak serta-merta dimasukkan. Media dalam kolam perlu didiamkan selama 2 minggu agar terjadi fermentasi. Media yang sudah terfermentasi akan menyediakan sumber pakan alami seperti jentik nyamuk, zooplankton, cacing, dan jasad-jasad renik. Setelah itu baru bibit dimasukkan.

Pakan hidup

Berdasarkan pengalaman Ruslan, sifat kanibalisme yang dimiliki Monopterus albus itu tidak terjadi selama pembesaran. Asal, pakan tersedia dalam jumlah cukup. Saat masih anakan belut tidak akan saling mengganggu. Sifat kanibal muncul saat belut berumur 10 bulan, ujarnya. Sebab itu tidak perlu khawatir memasukkan bibit dalam jumlah besar hingga ribuan ekor. Dalam 1 kolam berukuran 5 m x 5 m x 1 m, saya dapat memasukkan hingga 9.400 bibit, katanya.

Pakan yang diberikan harus segar dan hidup, seperti ikan cetol, ikan impun, bibit ikan mas, cacing tanah, belatung, dan bekicot. Pakan diberikan minimal sehari sekali di atas pukul 17.00. Untuk menambah nafsu makan dapat diberi temulawak Curcuma xanthorhiza. Sekitar 200 g temulawak ditumbuk lalu direbus dengan 1 liter air. Setelah dingin, air rebusan dituang ke kolam pembesaran. Pilih tempat yang biasanya belut bersembunyi, ujar Ruslan.

Pelet ikan dapat diberikan sebagai pakan selingan untuk memacu pertumbuhan. Pemberiannya ditaburkan ke seluruh area kolam. Tak sampai beberapa menit biasanya anakan belut segera menyantapnya. Pelet diberikan maksimal 3 kali seminggu. Dosisnya 5% dari bobot bibit yang ditebar. Jika bibit yang ditebar 40 kg, pelet yang diberikan sekitar 2 kg.

Hujan buatan

Selain pakan, yang perlu diperhatikan kualitas air. Bibit belut menyukai pH 5-7. Selama pembesaran, perubahan air menjadi basa sering terjadi di kolam. Air basa akan tampak merah kecokelatan. Penyebabnya antara lain tingginya kadar amonia seiring bertumpuknya sisa-sisa pakan dan dekomposisi hasil metabolisme. Belut yang hidup dalam kondisi itu akan cepat mati, ujar Son Son. Untuk mengatasinya, pH air perlu rutin diukur. Jika terjadi perubahan, segera beri penetralisir.

Kehadiran hama seperti burung belibis, bebek, dan berang-berang perlu diwaspadai. Mereka biasanya spontan masuk jika kondisi kolam dibiarkan tak terawat. Kehadiran mereka sedikit-banyak turut mendongkrak naiknya pH karena kotoran yang dibuangnya. Hama bisa dihilangkan dengan membuat kondisi kolam rapi dan pengontrolan rutin sehari sekali, tutur Ruslan.

Suhu air pun perlu dijaga agar tetap pada kisaran 26-28oC. Peternak di daerah panas bersuhu 29-32oC, seperti Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi, perlu hujan buatan untuk mendapatkan suhu yang ideal. Son Son menggunakan shading net dan hujan buatan untuk bisa mendapat suhu 26oC. Bila terpenuhi pertumbuhan belut dapat maksimal, ujar alumnus Institut Teknologi Indonesia itu.

Shading net dipasang di atas kolam agar intensitas cahaya matahari yang masuk berkurang. Selanjutnya 3 saluran selang dipasang di tepi kolam untuk menciptakan hujan buatan. Perlakuan itu dapat menyeimbangkan suhu kolam sekaligus menambah ketersediaan oksigen terlarut. Ketidakseimbangan suhu menyebabkan bibit cepat mati, ucap Son Son.

Hal senada diamini Ruslan. Jika tidak bisa membuat hujan buatan, dapat diganti dengan menanam eceng gondok di seluruh permukaan kolam, ujar Ruslan. Dengan cara itu bibit belut tumbuh cepat, hanya dalam tempo 4 bulan sudah siap panen. (Hermansyah)


Mari Rebut Pasar Belut

Siang itu Juli 2006 di Batutulis, Bogor. Pancaran matahari begitu terik membuat Ruslan Roy berteduh. Ia tetap awas melihat kesibukan pekerja yang memilah belut ke dalam 100 boks styrofoam. Itu baru 3,5 ton dari permintaan Hongkong yang mencapai 60 ton/hari, ujar Ruslan Roy.

Alumnus Universitras Padjadjaran Bandung itu memang kelimpungan memenuhi permintaan belut dari eksportir. Selama ini ia hanya mengandalkan pasokan belut dari alam yang terbatas. Sampai kapan pun tidak bisa memenuhi permintaan, ujarnya. Sebab itu pula ia mulai merintis budidaya belut dengan menebar 40 kg bibit pada Juli 1989.

Roy-panggilan akrab Ruslan Roy-memperkirakan seminggu setelah peringatan Hari Kemerdekaan ke-61 RI semua Monopterus albus yang dibudidayakan di kolam seluas 25 m2 itu siap panen. Ukuran yang diminta eksportir untuk belut konsumsi sekitar 400 g/ekor. Bila waktu itu tiba, eksportir di Tangerang yang jauh-jauh hari menginden akan menampung seluruh hasil panen.

Untuk mengejar ukuran konsumsi, peternak di Jakarta Selatan itu memberi pakan alami berprotein tinggi seperti cacing tanah, potongan ikan laut, dan keong mas. Pakan itu dirajang dan diberikan sebanyak 5% dari bobot tubuh/hari.

Dengan asumsi tingkat kematian 5-10% hingga berumur 9 bulan, Roy menghitung 4-5 bulan setelah menebar bibit, ia bakal memanen 400 kg belut. Dengan harga Rp40.000/kg, total pendapatan yang diraup Rp16-juta. Setelah dikurangi biaya-biaya sekitar Rp2-juta, diperoleh laba bersih Rp14-juta.

Keuntungan itu akan semakin melambung karena pada saat yang sama Roy membuat 75 kolam di Rancamaya, Bogor, masing-masing berukuran sekitar 25 m2 berkedalaman 1 m. Pantas suami Kastini itu berani melepas pekerjaannya sebagai konsultan keuangan di Jakarta Pusat.

Perluas areal

Nun di Bandung, Ir R. M. Son Son Sundoro, lebih dahulu menikmati keuntungan hasil pembesaran belut. Itu setelah ia dan temannya sukses memasok ke beberapa negara. Sebut saja Hongkong, Taiwan, Cina, Jepang, Korea, Malaysia, dan Thailand. Menurut Son Son pasar belut mancanegara tidak terbatas. Oleh karena itu demi menjaga kontinuitas pasokan, ia dan eksportir membuat perjanjian di atas kertas bermaterai. Maksudnya agar importir mendapat jaminan pasokan.

Sejak 1998, alumnus Teknik dan Manajemen Industri di Institut Teknologi Indonesia, itu rutin menyetor 3 ton/hari ke eksportir. Itu dipenuhi dari 30 kolam berukuran 5 m x 5 m di Majalengka, Ciwidey, Rancaekek, dan 200 kolam plasma binaan di Jawa Barat. Ia mematok harga belut ke eksportir US$4-US$5, setara Rp40.000-Rp60.000/kg isi 10-15 ekor. Sementara harga di tingkat petani plasma Rp20.000/kg.

Terhitung mulai Juli 2006, total pasokan meningkat drastis menjadi 50 ton per hari. Itu diperoleh setelah pria 39 tahun itu membuka kerjasama dengan para peternak di dalam dan luar Pulau Jawa. Sebut saja pada awal 2006 ia membuka kolam pembesaran seluas 168 m2 di Payakumbuh, Sumatera Barat. Di tempat lain, penggemar travelling itu juga membuka 110 kolam jaring apung masing-masing seluas 21 m2 di waduk Cirata, Kabupaten Bandung. Total jenderal 1-juta bibit belut ditebar bertahap di jaring apung agar panen berlangsung kontinu setiap minggu. Dengan volume sebesar itu, ayah 3 putri itu memperkirakan keuntungan sebesar US$2.500 atau Rp 20.500.000 per hari.

Di Majalengka, Jawa Barat, Muhammad Ara Giwangkara juga menuai laba dari pembesaran belut. Sarjana filsafat dari IAIN Sunan Gunungjati, Bandung, itu akhir Desember 2005 membeli 400 kg bibit dari seorang plasma di Bandung seharga Rp11,5- juta. Bibit-bibit itu kemudian dipelihara di 10 kolam bersekat asbes berukuran 5 m x 5 m. Berselang 4 bulan, belut berukuran konsumsi, 35-40 cm, sudah bisa dipanen.

Dengan persentase kematian dari burayak hingga siap panen 4%, Ara bisa menjual sekitar 3.000 kg belut. Karena bermitra, ia mendapat harga jual Rp12.500/ kg. Setelah dikurangi ongkos perawatan dan operasional sebesar Rp9- juta dan pembelian bibit baru sebesar Rp11,5- juta, tabungan Ara bertambah Rp17-juta. Bagi Ara hasil itu sungguh luar biasa, sebab dengan pendapatan Rp3- juta- Rp4-juta per bulan, ia sudah bisa melebihi gaji pegawai negeri golongan IV.

Bibit meroket

Gurihnya bisnis belut tidak hanya dirasakan peternak pembesar. Peternak pendeder yang memproduksi bibit berumur 3 bulan turut terciprat rezeki. Justru di situlah terbuka peluang mendapatkan laba relatif singkat. Apalagi kini harga bibit semakin meroket. Kalau dulu Rp10.000/kg, sekarang rata-rata Rp27.500/kg, tergantung kualitas, ujar Hj Komalasari, penyedia bibit di Sukabumi, Jawa Barat. Ia menjual minimal 400-500 kg bibit/bulan sejak awal 1985 hingga sekarang.

Pendeder pun tak perlu takut mencari pasar. Mereka bisa memilih cara bermitra atau nonmitra. Keuntungan pendeder bermitra: memiliki jaminan pasar yang pasti dari penampung. Yang nonmitra, selain bebas menjual eceran, pun bisa menyetor ke penampung dengan harga jual lebih rendah 20-30% daripada bermitra. Toh, semua tetap menuai untung.

Sukses Son Son, Ruslan, Ara, dan Komalasari memproduksi dan memasarkan belut sekarang ini bak bumi dan langit dibandingkan 8 tahun lalu. Siapa yang berani menjamin kalau belut booming gampang menjualnya? ujar Eka Budianta, pengamat agribisnis di Jakarta.

Menurut Eka, memang belut segar kini semakin dicari, bahkan harganya semakin melambung jika sudah masuk ke restoran. Untuk harga satu porsi unagi-hidangan belut segar-di restoran jepang yang cukup bergengsi di Jakarta Selatan mencapai Rp250.000. Apalagi bila dibeli di Tokyo, Osaka, maupun di restoran jepang di kota-kota besar dunia.

Dengan demikian boleh jadi banyak yang mengendus peluang bisnis belut yang kini pasarnya menganga lebar. Maklum pasokan belut-bibit maupun ukuran konsumsi-sangat minim, sedangkan permintaannya membludak

sumber : trubusonline

Mengenal Prangko

Kata Prangko berasal dari kata Franco. Kata ini pun diperkirakan berasal dari seorang Itali yaitu Francesco de Tassis dari keluarga "Thurn and Taxis.�h Dia rnembuat suatu pengantaran pos di Eropa. Rute pengantaran pos yang pertama pada tanggal 18 Januari 1505. Pengantaran pos ini hanya terbatas di kalangan bangsawan atau raja saat itu.
    Pengantaran surat di jarnan dulu dilakukan berbagai cara. Antara lain dengan rnenggunakan merpati pos, kuda, atau pun hanya berjalan kaki. Di Baghdad pernah menggunakan kerbau berkereta, di India pernah rnenggunakan sepeda, dan di Rusia pernah menggunakan unta, anjing, rusa. Pada abad ke-19 telah dikenal kantor pos.
    Cara pengiriman maupun sistim pembayaran, lain sekali dibandingkan saat kini. Pada saat itu si penerima suratlah yang harus membayar ongkos kirimnya. Kalau kini, si pengirim suratlah yang membayarnya.
    Betapa sedihnya seorang yang tak punya uang saat itu bila menerima surat. Apalagi kalau surat itu ternyata surat penting. Bedakanlah dengan saat sekarang ini. Orang kaya atau miskin tak jadi soal, bahkan akan bergembira bila menerima surat walaupun kantong sedang kosong.
     Penyalahgunaan kebaikan bidang jasa ini bermunculan pula. Sebagai contoh adalah kisah cinta sepasang muda-mudi di Inggris.
     Tempat tinggal mereka satu dengan yang lain berjauhan. Suatu ketika kedua remaja tadi bertemu muka. Mereka membuat tanda-tanda tertentu yang hanya diketahui artinya oleh mereka berdua saja. Mereka kembali pulang dan berkali-kali berhubungan hanya melalui surat tanpa harus membayar sedikit pun.
Bagaimana bisa terjadi?
     Ternyata si pemuda menulis surat dengan tanda-tanda tadi yang mereka setujui. Setelah sampai di tangan si pemudi, lalu dikatakan kepada tukang pos yang membawa surat dari si pemuda, bahwa dia tak mengenal si pengirim surat.
     Tentu saja sebelum dikatakan demikian, surat itu dibaca dulu dengan tanda tanda yang tertera di kertas amplop surat itu.
     Dengan demikian surat tidak diterimanya, dikembalikan langsung kepada petugas pos dan si pemudi pun tak usah membayar biaya pos.
     Kejadian yang merugikan pihak pos tersbeut sempat dilihat seorang bangsawan Inggris, Sir Rowland Hill. Ia lahir tanggal 3 Desember 1795, anak seorang guru, Thomas Wright Hill (memiliki 6 putera dan 2 puteri). Rowland senang membaca buku dongeng anak-anak yang bersifat pendidikan yang dikarang oleh Miss Edgewordh.
     Pada usia 31 tahun Rowland Hill pindah dari Birmingham ke daerah dekat London. Bersama salah seorang saudaranya, Rowland Hill mendirikan sebuah sekolah istimewa di Bruce Castle, Tottenham. Rowland juga memperkenalkan sistim mengajar yang disebut 'Hazlewood'.
    Sistem itu mengungkapkan dan mengakui bahwa kebenaran adalah sangat penting bagi mahasiswa yang demokratis agar suatu pendidikan bisa berhasil.
     Rowland Hill mengajukan sebuah tulisan yang berjudul "Post Office Reform., Its Importance and Practicability. Isinya sekitar pembaharuan sistim pos yang ada, yaitu tarip pos yang sama untuk seluruh bagian Inggris sampai dengan kiriman yang beratnya setengah ons.
     Rincian proposal itu sebenarnya terdiri dari tiga diktum.
     a. Ongkos pengiriman surat harus diturunkan, Apabila ongkos pengiriman surat turun, diharapkan terjadi peningkatan arus surat, peningkatan jumlah surat yang dikirim.
     b. Untuk lebih merangsang masyarakat agar lebih saling berkirim surat, perlu ditetapkan tarip pos yang seragam dengan tidak memandang jarak tempuh surat tersebut.
     c. Untuk menghindari penyalahgunaan biaya pengiriman surat, maka biaya pos harus dibayar di muka dengan menempelkan secarik kertas tanda pelunasan yang saat ini kita kenal bernama Prangko.
     Usulnya ini setelah mengalami perdebatan panjang, akhirnya diterima parlemen Inggris dan ketetapan itu mulai berlaku resmi mulai tanggal 1 Januari 1940.
     Rowland pada tahun 1846 ditunjuk menjadi Sekretaris Postmaster General. Antara tahun 1854-1856 Rowland Hill mendapatkan kepercayaan untuk menduduki jabatan sebagai Sekretaris Perusahaan Jawatan Pos suatu kedudukan yang tinggi waktu itu. Lalu tahun 1860 Rowland Hill menerima penghargaan tinggi dengan gelar Knight.
    Dianggap berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara nasional, maka Rowland dianugerahi gelar " Sir" di muka namanya pada tahun 1864 setelah pensiun. Demikian pula Parlemen memberikan hadiah 20.000 poundsterling dan berhak setiap tahunnya menerima uang pensiun sebesar 2.000 poundsterling.
     Rowland Hill, Bapak Prangko, meninggal di Hampstead pada tanggal 27 Agustus 1879 dan dimakamkan dengan upacara kebesaran nasional di Westminster Abbey, London.
     Untuk rancangan armplop surat dibuatlah oleh William Mulready. Sedangkan pencetak dari Dundee serta pemilik took buku James Chalmers (1782- 1853). Ia mengusulkan kepada Rowland Hill untuk membuat prangko berperekat.
     Pengusul prangko berperekat sebenarnya bukan hanya James Chalmers, tetapi juga seorang Austria dan Ljubljana (bangsa Slovenia) bernama L. Kosir, yang pernah pula pula memiliki ide serupa.
     Pada akhirnya dibuatlah prangko Penny Hitam yang terkenal itu. Rowland Hill mencontohnya dari gambar sebuah medali peringatan yang dibuat oleh William Wyon.
     Medali berukir gambar Ratu Victoria (hanya bagian kepala). Dari gambar tersebut Rowland Hill merancang prangko Black Penny dengan dibantu Charles serta Frederic Heath (ayah dan anak) untuk pewarnaannya. Sedangkan pencetak prangko pertama ini adalah Perkins, Bacon and Co. Prangko bernilai nominal satu Penny. Berkat usaha keras Sir Rowland Hill, kini ia dijuluki sebagai Bapak Prangko Internasional.
     Olehkarena sejak pertama Inggris menggunakan prangko dengan gambar Ratu tanpa nama negara, sampai kini pun prangko Inggris merupaan satu-satu prangko yang muncul tanpa nama negara, hanya logo (bayangan) Ratu sebagai lambing atau tanda prangko Inggris menggantikan nama negara pada prangkonya. Prangko Black Penny ini resmi dikeluarkan dan dipakai secara resmi pada perposan, pada tanggal 6 Mei 1840. Prangko ini bukan prangko tertua di dunia. Ada prangko yang ke luar sebelum tanggal tersebut.
     Seperti ditemukannya surat berprangko dengan cap tanggal 20 Pebruari 1839. Surat itu ditulis oleh Ny. Egarter, isteri Kepala Jawatan Pos di Stital, Austria, untuk putrinya bernama Konstanzia.
Prangko bernilai satu Kreuzer. Prangko sebelum 6 Mei 1840 bukanlah prangko pertama yang resmi. Hal ini disebabkan prangko sebelum tanggal 6 Mei 1840 hanya dipakai oleh Badan organisasi tertentu saja dan juga kaum bangsawan atau raja-raja. Jadi buka untuk masyarakat umum keseluruhan.
     Sedangkan prangko Black Penny diresmikan oleh pemerintah saat itu dan dapat dipakai oleh semua orang untuk biaya pengiriman surat serta sesuai dengan tujuan dari prangko itu sendiri.
     Ada pula sebuah kasus ditemukannya prangko Black Penny yang bercap tanggal 2 Mei 1840. Hal ini bisa saja terjadi dengan penjelasan berikut. Prangko Black Penny telah selesai dicetak sebelum 2 Mei 1840. Setelah selesai dicetak, prangko disebarkan ke berbagai kantorpos guna persiapan pengeluaran resmi tanggal 6 Mei 1840.
     Ternyata ada Kepala Kantorpos kota Bath kurang jelas mendengar instruksi tersebut. Maka terjadilah hal-hal yang tak diinginkan dengan pemberian cap pada prangko Black Penny tanggal 2 Mei 1840 di Bath.
    Yang mengherankan, tidak ditemukan prangko prangko Black Penny dengan cap tanggal 3, 4, dan 5 Mei 1840. Rupany mungkin sang kepal kantorpos segera sadar terjadi kelalaian saat tanggal 2 Mei 1840 sehingga keesokan harinya kesalahan tak terulang.
     Menyusul Inggris, negara lainpun menerbitkan prangko antara lain Zurich, Geneve, Basel (ketiganya di Swiss), Mauritius, Prancis, Bavaria, Amerika Serikat dan Brazil.
     Sedangkan di Indonesia, dulu bernama Pemerintah Hindia Belanda, pada tanggal 1 April 1864 menerbitkan prangko pertama kali. Prangko tersebut berwarna merah anggur dengan harga nominal 10 cent dan menampilkan gambar Raja Willem III.
     Pada awalnya prangko hanya memuat gambar Kepala Negara (Raja dan Ratu), lambang Negara atau angka yang menunjukkan harga nominal saja. Perkembangan selanjutnya memunculkan prangko dengan berbagai macam rancangan.

Belajar Bisnis Marketiva

BISNIS Forex Trading Valas tanpa Modal Sepeserpun di Marketiva! Free Bonus $5 Saat Registrasi, Legal, No Commission Fee, No Overnight, No Interest, Spread 3, Trading Bisa Hanya dengan Modal $1, Deposit dan Withdrawl dengan mudah. Manfaatkan Peluang Bisnis Online Forex Trading Valas untuk Mencari Uang di Internet Secara (Klik)Gratis

Anda mungkin sudah sering mendengar atau bahkan kata Marketiva. Apakah anda sudah serius ingin terjun di dunia forex? Situs ini cocok bagi anda yang ingin belajar mulai dasar secara serius, dan mengembangkan komunitas trading di antara para onliner.

Forex Online Trading adalah suatu sistem perdagangan secara Online yaitu lewat perangkat teknologi internet, dimana dengan sistem ini investor tidak perlu lagi datang atau repot menelepon kantor pialang (broker), karena cukup dengan akses internet yang sekarang bisa dengan mudah anda dapat, anda bisa duduk dirumah sambil menikmati hidangan kopi dan bermain dengan keluarga, nongkrong di warnet atau kafe-kafe yang memiliki layanan internet Hotspot dan lain – lain. Semua informasi harga dan eksekusi investasi bisa dilakukan, di mana saja dan kapan saja selagi anda bisa berhubungan dengan si dunia maya ini. Forex Online Trading telah menjadi tren alternatif investasi yang mudah dan murah di abad ini.

Valas Trading merupakan pasar terbesar di dunia diukur berdasarkan nilai total transaksi. Hasil survei BIS, yakni Bank International for Settlement – bank sentralnya bank-bank sentral seluruh dunia, yang dilakukan pada akhir tahun 2004, menemukan fakta bahwa nilai transaksi perdagangan valuta asing mencapai USD 1,900 miliar per hari. Dengan demikian, prospek investasi di perdagangan forex adalah sangat bagus dilihat dari segi liquiditas.

Perdagangan valuta asing (forex trading valas) berjalan selama 24 jam, berputar mulai dari pasar New Zaeland & Australia yang berlangsung pukul 05.00–14.00 WIB, terus ke pasar Asia yaitu Jepang & Singapura yang berlangsung pukul 07.00–16.00 WIB, ke pasar Eropa yaitu Jerman & Inggris yang berlangsung pukul 13.00–22.00, sampai ke pasar Amerika yang berlangsung pukul 20.30–10.30. Dalam perkembangan sejarahnya, bank sentral milik negara-negara dengan cadangan mata uang asing yang besar sekalipun dapat dikalahkan oleh kekuatan pasar forex/valas yang bebas.

Kini perdagangan valuta asing saat ini sudah sangat mudah untuk dilakukan oleh siapapun dan dari manapun. Dengan modal komputer yang tersambung ke internet, kita sudah bisa melakukan forex trading (valas trading) secara online baik dari rumah, kantor, warnet, dan dari mana saja yang penting ada fasilitas sambungan internet. Transaksi real maupun belajar Forex Trading di Marketiva merupakan pilihan terbaik bagi para calon trader dalam mengembangkan ilmu, maupun bagi trader profesional dalam bertransaksi forex trading (valas trading/jual beli mata uang asing).

Reinhard Hermanus, programmer muda Indonesia

 
Reinhard Hermanus, Peraih Medali Perunggu Olimpiade Nasional Informatika sekaligus pengembang aplikasi Facebook dan Friendster, juga pemilik dari situs jaringan sosial Yess-U, akan segera dibajak oleh Malaysia. Dia ditawari beasiswa kuliah di salah satu universitas di Malaysia, dan pekerjaan di sebuah perusahaan Malaysia setelah menyelesaikan kuliahnya. Saat ini dia belum mengambil keputusan, karena dia masih menunggu tawaran dari Universitas di Indonesia.
Apa kita akan membiarkan salah satu Programmer muda kita juga direbut oleh MALAYSIA???????

Biografi



Reinhard Hermanus lahir di Bandung pada tanggal 12 Januari 1993 dan merupakan anak tertua dari Davy Hermanus. Dia melakukan Homeschool pada saat SD dan melanjutkan ke SMP Yahya. Sekarang dia sedang melanjutkan studinya di SMAK 1 BPK Penabur Bandung.
Dia pertama kali mempelajari pembuatan aplikasi dan programming saat kelas 3 SMP. Saat itu dia iseng mengacak-acak kode web Friendster. Dia pun mencoba untuk membuat sebuah page sederhana. Kebanyakan Informasi yang didapat berasal dari Google. Pada kelas 1 SMA, dia mengikuti ekstra-kulikuler Programming. Di sana dia belajar membuat software sederhana.
Dia pun tertarik untuk membuat program tersebut bekerja dengan lancar di Web.
Dia pun memulai menciptakan aplikasi-aplikasi di Friendster yang kemudian dijualnya seharga rata-rata $50. Saat ini dia masih mendalami Web Programming dan juga Software Programming dan terus bekerja sebagai salah satu developer aplikasi facebook dan friendster, juga sebagai pemilik situs jaringan sosial Yess-U.com. Pendapatan rata-ratanya sekarang sekitar $950 sebulan.
 


Prestasi
Bronze Medalist - National Olympiad in Informatics, Makassar (August 2008)
Finalist – Universitas Parahyangan Programming Competition (January 2008)
Finalist – Universitas Gajah Mada Programming Competition (March 2008)
Finalist – Binus University Programming Competition (December 2008)

National Training in Infomatics I, Institut Teknologi Bandung (ITB), November 2008
Selection for International Olympiad in Informatics session 1. National rank : 13th
National Training in Informatics II, Universitas Gajah Mada (UGM), February 2009
Selection for International Olympiad in Informatics session 2. National rank : 14th


Pekerjaan dan Aplikasi Yang Dikembangkan
Bandungscript 2007 - Today
Social Network Applications Developer
(PHP,MySQL, HTML, Internet Applications)
http://www.bandungscript.com

Purple Ads - Facebook
Programmer
(PHP,MySQL, FBML, Social Advertising System)
http://apps.facebook.com/purple-ads

Yess-U
Website Management
http://www.yess-u.com

Global Tri.tv
Web Mining System Developer
http://www.globaltri.tv

Glitters – Friendster Application
http://widgets.friendster.com/glitters/

Glitters – Myspace Application (Partnership with Anatoly Lubarsky)
http://www.myspace.com/417711095

Bible Gifts – Facebook Application
http://apps.facebook.com/biblegifts/

Do You Know Me ? – Facebook Application (Partnership with Alkesh Gupta)
http://apps.facebook.com/quizstore/

Rate My Face – Facebook Application
http://apps.facebook.com/rate-my-face/

Language : English, Bahasa Indonesia
  

Keahlian lain

Operating System:
- MS Windows XP/Vista/ 2003 Server
- Linux
- Mac

Development Languages:
- PHP
- HTML
- Java Script
- C/C++
- Pascal

Databases:
- MySQL


Web Servers:
- IIS
- Apache

Networks and Telecom:
- HTTP
- FTP

Development Tools:
- Dev C++
- Adobe Dreamweaver

Graphics Design & Animation Tools:
- Adobe PhotoShop &ImageReady
-Corel Draw
-Adobe Flash

Kemampuan Lain

Keyboard, Guitar, Drum, Bass
Salah satu kemampuan Keyboard Reinhard
http://www.metacafe.com/watch/862753...rd_instrument/



Reinhard juga ternyata mengadakan kursus untuk mempelajari Web Programming. Untuk saat ini, kursus langsung hanya terdapat di Bandung, untuk luar kota, dapat dilakukan jarak jauh.

info lebih lengkap 
Want to make your own web? Or would like to make an application on Facebook and earn money? You will be taught by 2 years experienced Facebook application programmer who earns money from his applications. Only in 8 hours you can make your dream comes true.
Learn to make Facebook application consists of 4 levels can be completed within the standard of 8 hours or 4 meetings with the details as follows:

Level 1 : Basic HTML Design
Level 2 : PHP Scripting
Level 3 : MySQL Database
Level 4 : Facebook Application Development
Cost : Rp 1.000.000 * [direct course]
Rp 800.000 * [indirect course]
Fasilities : 1 year web hosting

For more information you can contact Reinhard through here:
Email : reinhard1993@yahoo.com
YM : reinhard1993@yahoo.com
MSN : reinhard@bandungscript.com

* If in 4 meeting you haven’t finished all 4 levels, you can continue for free until you done all !


Cara efektif menggunakan Google



ext:
Mencari tipe file tertentu. Misalnya: 'ext: pdf'


related:
mencari website dengan tema-tema serupa

misalkan 'related:nationalinks.blogspot.com'


allinurl:
Memperhatikan istilah pencarian dalam URL.
misalkan 'allinurl:commandline' kamu akan menadpatkan website yang menggunakan

kata "commandline" didalamnya.


allintittle:
Mencari istilah pada judul suatu website. Dengan perintah ini kita akan mencari dalam baris-baris judul website, misalkan 'allintitle:detik.com'

define:
Digunakan untuk mengetahui penjelasan tentang sesuatu. Misal jika kita mau tahu tentang "batuan", dengan mengetikkan 'define:batuan' maka anda akan mendapatkan sejumlah website yang menjelaskan istilah itu secara gamblang.

filetype:torrent (juga bisa buat nyari pdf lho, filetype:pdf)

Biasanya digunakan untuk menemukan file-file torrent. Tapi biasanya juga Mbah google ga suka ama perintah ini, makanya berusaha dihalangin (alias ga bisa diakses = hasil nihil). Tapi dengan mengetikkan nama file sebelum perintahnya, pencarian file bitTorrent masih bisa dilakukan.

misalkan 'movie filetype:torrent'




movie:
biasanya untuk menampilkan info mengenai film.
contoh 'movie:X-men’

daterange:
Menemukan website yang baru di index Ama Mbah google. Dengan menggunakan cara ini kita dapat melihat website yang diindeks dalam waktu tertentu.
misal : dimasukkan dalam format tanggal USA misalkan 'daterange:(2008-01-06)(2006-01-31)

site:
Biasanya digunakan untuk mengetahui banyak google ngindex (google index page) situs kita.

misalkan 'site:nationalinks.blogspot.com'

link:
Memeriksa link Popularitas Website atau istilah kerennya backlink dari situs lain. Misalnya 'link:nationalinks.blogspot.com'