Friday, November 6, 2009

Apa itu RSS?

Salah satu terminologi yang tergolong paling sering muncul di dunia pemasaran Internet saat ini adalah RSS. “Mahluk” apakah itu? Apa pula manfaatnya bagi pemasaran online? RSS merupakan singkatan dari RDF Site Summary atau Rich Site Summary. RSS adalah sebuah format programming web berbasis XML yang dapat dipakai pemilik web untuk melakukan sindikasi isi web.

Gampangnya, jika kita punya isi web yang diperbarui setiap saat, maka situs web lain dapat secara otomatis mendapatkan update isi web kita hanya dengan menempelkan program RSS situs web yang ada di situs kita.

Apa saja yang dapat disindikasikan melalui RSS? Banyak, antara lain berita, kalendar kegiatan, artikel, project update, hingga forum diskusi.

Apa manfaatnya untuk pemasaran online? Semakin banyak situs lain yang memasang RSS situs web kita, maka semakin banyak yang menyebarkan informasi situs web kita. Mereka memasang RSS tanpa minta biaya. Inilah salah pemasaran gratis via web.

Tentu, untuk menarik minat situs lain memasang RSS situs kita, dibutuhkan daya tarik. Biasanya, jika situs kita dipenuhi dengan informasi menarik yang diperbaui setiap saat, maka akan ada pihak lain yang tertarik menampilkan isi web kita di web mereka melalui RSS.

No comments:

Post a Comment