Sunday, November 8, 2009

Cara Menghindari Disabled Account Facebook

Berbeda dengan jejaring sosial yang banyak dipakai orang Indonesia sebelumnya, Friendster, jejaring sosial nomer satu di dunia, Facebook, adalah situs jejaring sosial yang paling sering menutup akun penggunanya. Baik itu untuk sementara waktu ataupun untuk selamanya.
Berdasarkan pengetahuan serta pengalaman Fesbukan selama ber-Facebook ria, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sebuah akun Facebook ditutup (sementara atau selamanya). Keseluruhan sebab umumnya adalah pelanggaran Terms of Services (Aturan Layanan) yang dimiliki oleh Facebook. Mengingat tidak semua pengguna mau meluangkan waktu membaca satu persatu aturan layanan yang ada, baiknya simak hal-hal apa saja yang dapat membuat suatu account Facebook di disabled.
Disabled account Facebook dapat disebabkan karena:
  • Anda melakukan add as friend (tambahkan sebagai teman) terlalu banyak dalam satu periode tertentu. Sekalipun sudah muncul peringatan dengan kotak berwarna merah muda, anda masih mengabaikannya. Berapa banyak anda dapat menambahkan teman baru setiap harinya? mengenai hal ini pihak Facebook sama sekali tidak memaparkannya secara eksplisit. Yang jelas, pola penambahan teman lah yang dilihat. Fesbukan.com menyarankan agar anda membatasi betul jumlah teman yang anda tambahkan setiap harinya. Sebisa mungkin hindari kotak berwarna pink berisi peringatan muncul di layar monitor anda.
  • Anda belum melakukan verifikasi akun facebook. Saat pertama kali mendaftar akun Facebook, ada sebuah email konfirmasi yang dikirimkan secara otomatis oleh Facebook ke email anda sebagai konfirmasi bahwa email tersebut adalah benar milik anda. Dalam periode tertentu, jika link konfirmasi yang muncul ini tidak ada klik, pihak Facebook akan men-disable account Facebook anda.
  • Anda dianggap melakukan spamming, baik itu dengan cara mengirimkan mass email ataupun dengan menuliskan komentar yang sama di tembok (wall) secara berulang-ulang, baik itu di tembok milik rekan (friends wall), tembok grup (groups wall), ataupun tembok lainnya. Hindari melakukan hal seperti ini. Jika bukan pihak Facebook sendiri yang menutup akun anda, mungkin sekali orang lain yang melaporkan anda atas tindakan tersebut.

Bagaimana jika account facebook anda ternyata di disabled ?

Jika tidak di disabled secara permanen, account Facebook anda masih bisa dihidupkan kembali. Umumnya, penutupan pertama bersifat sementara kecuali anda melakukan pelanggaran keras terhadap ketentuan layanan mereka (mengenai penutupan permanen, Fesbukan sendiri belum mempunyai pengalaman).
Untuk disabled account Facebook, anda cukup mengirimkan email ke pihak facebook menggunakan alamat email yang terdaftar di akun anda yang di suspend tersebut. Kirimkan email anda ke disabled@facebook.com atau info@facebook.com dan sampaikan permasalaha yang anda alami. Jika memungkinkan hubungi juga teman-teman anda yang ada dalam friend list facebook anda untuk mengirimkan email ke ke-2 alamat tersebut untuk menanyakan alasan penutupan akun anda.
Semakin banyak teman yang mengirimkan email ke pihak Facebook untuk menanyakan perihal penutupan akun anda, serta semakin banyak yang mengatakan pada pihak Facebook bahwa sebenarnya kelakuan anda di Facebook sama sekali tidak berbahaya, semakin bagus buat anda. Lebih baik lagi, jika anda sendiri juga rutin mengirimkan email ke pihak Facebook untuk menanyakan disabled account Facebook anda. Sebab, terkadang pihak Facebook cukup lama dalam memberikan respon. Fesbukan sendiri dulu pernah mengalami dan baru setelah 1 minggu mendapatkan jawaban dari tim support Facebook.

No comments:

Post a Comment