Sunday, November 8, 2009

Cara Mengubah Username di Facebook

Bagi anda yang salah atau kurang cocok dengan username yang telah anda pakai, ternyata facebook masih memberikan kesempatan untuk melakukan pengubahan nama pengguna tersebut. Hanya saja sesuai dengan tulisan yang tertera, penggantian username facebook hanya dapat dilakukan satu kali.
Choose your new username carefully. You can only change your username once.
Terlepas apakah nantinya pihak Facebook masih dapat mengubah kebijakan ini hingga dapat mengubah berkali-kali nantinya, sebaiknya anda kali ini betul-betul berhati-hati dalam mengubah username. Ini adalah kesempatan terakhir anda untuk memilih username sebaik dan serepresentatif mungkin dengan identitas anda.
Facebook Account Settings
Facebook Account Settings
Klik tombol Settings yang terdapat di sebelah kanan nama pengguna anda dan berada di sebelah kiri tombol Logout. Lalu kemudian pilih menu Account Settings.
Screenshot Ubah Username
Screenshot Ubah Username
Klik menu change yang sejajar dengan tulisan Username.
Selamat mengubah username!
25 July 2009 at 21:31 - Comments

Lindungi Informasi Kontak Pribadi di Facebook

Bagi anda yang belum tahu bagaimana caranya untuk melindungi informasi pribadi yang ada di Facebook dari jangkauan orang-orang iseng, berikut ini penjelasannya.

Mengapa harus dilindungi, bukankah Facebook merupakan situs jejaring sosial ? Bagaimana saya bisa bersosialisasi jika data email / nomor telepon saya harus di sembunyikan ?

Betul memang Facebook merupakan situs jejaring sosial. Nomor wahid malahan. Hanya saja, tidak semua orang yang menggunakan Facebook mempunyai niat baik dan tentu saja anda tidak mengenal semuanya bukan ? Lebih baik sedia payung sebelum hujan dan sedia perahu sebelum banjir.
Mengenai informasi pribadi apa saja yang sebaiknya anda sembunyikan akan saya paparkan sebagai berikut:
  • Kecuali anda memasang nomor mobile / HP yang memang untuk umum alias sudah terlanjur diketahui banyak orang dan ikhlas jika ketauan lebih banyak orang lagi, ada baiknya nomor telepon ini anda sembunyikan. Sepanjang yang Fesbukan.com ketahui hampir semua orang yang mempunyai akun facebook pasti memiliki teman yang tidak benar-benar dikenalnya dari dunia nyata. Ada baiknya, sebab motif tiap orang ber-facebook itu berbeda-beda, sembunyikan nomor telepon anda. Hal ini juga penting untuk mengeliminir telepon/SMS penipuan. Ingat, pelaku penipuan via SMS/Telepon pelakunya udah lumayan canggih, jadi mungkin bukan hal yang aneh jika mereka juga menggunakan jejaring sosial seperti Facebook untuk mencari target. Bagi kaum wanita, menyembunyikan nomor telepon juga bertujuan untuk menghindari gangguan dari pria-pria iseng.
  • Alamat email. Meski anda dapat membuat email baru atau tidak bermasalah jika email anda penuh diisi dengan spam, ada baiknya anda tetap menyembunyikan alamat email aktif anda. Banyak sekali orang di luaran sana yang haus dengan email address.
Anda dapat menyembunyikan kedua data tersebut di atas dari halaman profil anda.
Facebook Profile
Facebook Profile
Lalu silakan klik menu Edit Information yang ada di sebelah kanan:
Edit Profile Facebook
Edit Profile Facebook
Telusuri hingga bagian Contact Information
Klik dan menu akan terbuka
Klik dan menu akan terbuka
Klik Icon Kunci
Klik Icon Kunci
Di samping kanan form isian selalu terdapat lambang kunci untuk mengatur level privasi yang bisa anda ubah mulai dari: (sesuaikan jika anda menggunakan setelan Bahasa Indonesia)
  • My Networks and Friends
  • Friends of friends
  • Only Friends
  • No one
Jika memang akun Facebook anda tercampur antara teman asli dan teman hanya di Facebook, anda baiknya untuk informasi yang betul-betul perlu dijaga, pengaturan diarahkan ke ‘no one’.
25 July 2009 at 21:17 - Comments

Mengubah Tampilan Facebook

Sebenarnya hingga saat ini pihak Facebook belum menyediakan fasilitas untuk mengkustomisasi tampilan profil facebook masing-masing. Hanya saja, jika anda masih ingin mengubah tampilan facebook anda, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengubah tampilan tersebut.
Catatan awal: Hanya anda yang menggunakan Mozilla Firefox versi 3.0 keatas, dan Internet Explorer versi 7.0 dan versi 8.0 saja yang dapat melihat perubahan tampilan ini. Untuk sementara waktu, browser lainnya belum bisa. Fesbukan.com sendiri hanya berkesempatan mencobanya di Mozilla Firefox versi 3.0.11 (untuk melihat versi Firefox yang anda gunakan silakan klik Help > About Mozilla Firefox)
Cara pertama mengubah tampilan Facebook – Menginstall Add-on Mozilla Firefox bernama Stylish
  1. Add-on Firefox bernama Stylish dapat anda temukan di https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/2108
  2. Silakan install add-on tersebut dengan meng-klik “Add to Firefox”
  3. Anda harus merestart Mozilla Firefox anda, selesai restart
  4. Silakan login ke account facebook Anda; kemudian buka tab baru
  5. Masuk ke http://userstyles.org/styles/site/facebook.com
  6. Cari nama tampilan yang anda inginkan, lalu
  7. Klik tombol di area berwarna hijau bertuliskan “Install with Stylish”
  8. Muncul popup window dan silakan pilih tombol ‘install’
  9. Selesai dan lihat perubahannya di halaman Facebook Anda
  10. Untuk memilih yang tampilan lain silakan kembali halaman yang ada di website Userstyles.
  11. Untuk mengembalikan ke tampilan default Facebook, silakan non aktifkan add-on Stylish melalui Tools > Add-ons > Stylish > Silakan pilih ‘Disabled’ atau ‘Uninstalled’
Cara kedua mengubah tampilan Facebook – Menginstall Add-on Yoonto kedalam Firefox
  1. Silakan buka website Yoonto khususnya halaman ini: http://www.yontoo.com/DownloadFFClient.aspx
  2. Klik tulisan ‘2. Start Install’
  3. Jika anda menggunakan fitur block pop-up pada Mozilla Firefox, anda harus meng-allow proses instalasi dengan menekan tombol allow yang muncul di bagian atas layar browser anda. Jika tidak muncul peringatan, akan muncul kotak popup window sebagaimana jika  menginstall add-ons Mozilla Firefox yang lainnya.
  4. Selesai install, silakan restart browser Firefox anda
  5. Masuk kembali ke halaman Facebook anda,
  6. Silakan buka applikasi Facebook bernama Pagerage dari URL ini:  http://apps.facebook.com/pagerage/
  7. Silakan ‘Allow’ penggunaan aplikasi tersebut lalu silakan pilih tampilan yang anda mau.
  8. Lihat perubahan tampilannya.
  9. Untuk mengembalikan ke tampilan awal Facebook, ikuti cara yang sama sebagaimana dengan cara pertama, yaitu men-disable atau menguninstall add-ons Yoonto.
Catatan: Perubahan tampilan facebook anda, baik dengan menggunakan cara pertama ataupun cara kedua, hanya dapat dilihat oleh orang lain yang menggunakan Mozilla Firefox sejenis serta menginstalasi add-ons Stylish atau Yoonto. Selain itu, tampilan Facebook anda tetap seperti sediakala.

3 comments:

  1. this is very informative and interesting for those who are interested in blogging field.
    google play gift card code generator

    ReplyDelete
  2. Nice article I would like to read such articles. Please keep it up such great work. please check this article to get the information about Google Play Generator

    ReplyDelete